Ubuntu 10.04 Gak Bisa Narik Update Maupun Install Software dari apt-get

Eng ing eng.. kejadian ini dimulai dari beberapa minggu yang lalu ketika mau update ubuntu 10.04 LTS , kebetulan salah satu server ditempat ane bekerja masih ada yang make ubuntu versi ini

Jadi pas jalanin apt-get update maupun install software , error nya 404 not found & failed to fetch bla bla bla , tengok source list nya yang ada di /etc/apt/source.list , ngga ada yang janggal kok.. masih ngarah ke default yaitu id.archive.ubuntu.com , coba rubah ke repo nya si kambing eh ternyata doi lg maintenis zzzz , coba ke archive international ubuntu juga sama aja not found

Ternyata eh ternyata pas dicari tau , si 10.04 ( lucid lynx ) ini kayaknya udah masuk ke masa end-of-life nya , which is udah ga disupport lg sama ubuntu.. makanya package nya pun punah dari repo ubuntu nya..

Coba gugling sana sini akhirnya nemu informasi kalo package lamanya ga sepenuhnya dihapus kok , doi pindah alamat ke http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu/dists/ , si old ubuntu ini jadi semacam repo yang berisi macam” package untuk distro ubuntu nya sudah dianggap obsolete / ga disupport lagi dan juga berisi package yang unsigned maupun diidentifikasi ga support oleh ubuntu

Jadi tinggal ubah aja entry yang isinya id.archive.ubuntu.com dan security.ubuntu.com menjadi old-release.ubuntu.com

nih kira” kayak begini nih jadinya diserver ane

# deb cdrom:[Ubuntu 10.04.1 LTS _Lucid Lynx_ - Release i386 (20100816.1)]/ lucid main restricted
# See http://help.ubuntu.com/community/UpgradeNotes for how to upgrade to
# newer versions of the distribution.

deb http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid main restricted
deb-src http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid main restricted

## Major bug fix updates produced after the final release of the
## distribution.
deb http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-updates main restricted
deb-src http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-updates main restricted

## N.B. software from this repository is ENTIRELY UNSUPPORTED by the Ubuntu
## team. Also, please note that software in universe WILL NOT receive any
## review or updates from the Ubuntu security team.
deb http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid universe
deb-src http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid universe
deb http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-updates universe
deb-src http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-updates universe

## N.B. software from this repository is ENTIRELY UNSUPPORTED by the Ubuntu
## team, and may not be under a free licence. Please satisfy yourself as to
## your rights to use the software. Also, please note that software in
## multiverse WILL NOT receive any review or updates from the Ubuntu
## security team.
deb http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid multiverse
deb-src http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid multiverse
deb http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-updates multiverse
deb-src http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-updates multiverse

## Uncomment the following two lines to add software from the 'backports'
## repository.
## N.B. software from this repository may not have been tested as
## extensively as that contained in the main release, although it includes
## newer versions of some applications which may provide useful features.
## Also, please note that software in backports WILL NOT receive any review
## or updates from the Ubuntu security team.
# deb http://id.old-releases.ubuntu.com/ubuntu/ lucid-backports main restricted universe multiverse
# deb-src http://id.old-releases.ubuntu.com/ubuntu/ lucid-backports main restricted universe multiverse
deb http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu/ lucid-backports main restricted universe multiverse
deb-src http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu/ lucid-backports main restricted universe multiverse

## Uncomment the following two lines to add software from Canonical's
## 'partner' repository.
## This software is not part of Ubuntu, but is offered by Canonical and the
## respective vendors as a service to Ubuntu users.
deb http://archive.canonical.com/ubuntu lucid partner
deb-src http://archive.canonical.com/ubuntu lucid partner

deb http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-security main restricted
deb-src http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-security main restricted
deb http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-security universe
deb-src http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-security universe
deb http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-security multiverse
deb-src http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu lucid-security multiverse

abis itu langsung aja jalanin apt-get update , harusnya sih udah jalan dan gada error lagi , panik pun hilang 😀

referensi : https://gist.github.com/dergachev/f5da514802fcbbb441a1

Disable SSH Login Untuk User Root

Buat apa sih sebenernya ngedisable login user root buat login ke server via SSH ? Bikin ribet aja kalo mau ngapa”in ya kan ya kan ya kan ? curhat

Hahaha , idealnya sih emang harus kita disable demi alasan keamanan. Keamanan ? Maksudnya ? Jadi gini , bayangin aja kalo seorang hacker masuk ke jaringan kita , nah dia tau IP server kita terus mau akses lewat SSH pake account root dengan metode brute force dan berhasil masuk , ya mampus deh hahahah

Lebih baik bikin seperate user account yang biasa sehari – hari akan kita pakai and simply use sudo buat gain access sebagai root daripada make langsung si root itu sendiri

Nah cara ngedisable si root buat login lewat SSH cukup mudah

Tinggal edit file sshd_config , caranya

nano /etc/ssh/sshd_config

Perhatikan line PermitRootLogin , ubah value nya jadi no , jangan lupa hilangkan tanda pagar nya kalo ada ( comment ) supaya perintah tsb. aktif

PermitRootLogin no

Kemudian , restart service sshd nya

/etc/init.d/sshd restart

Done..

Dengan cara ini setidaknya udah ga ada yang bisa lagi akses pake user root lewat SSH 🙂

 

 

referensi :

http://askubuntu.com/questions/27559/how-do-i-disable-remote-ssh-login-as-root-from-a-server

Fax server (Hylafax) lengkap dengan Avantfax di Ubuntu

nemu salah satu tutor buat instalasi fax server dari https://geekubuntu.wordpress.com/2009/04/14/fax-server-hylafax-lengkap-dengan-avantfax-di-ubuntu/

 

berguna banget karena kebetulan dikantor juga pake ini tp sayangnya cuman ngerti pake nya aja wkwkwk maklum dulu yg install bukan saya

 

monggo disimak , dipahami , dihayati

credit goes to geekubuntu 🙂

Ubuntutorial

Technorati Tags: faxcimile, efax, fax via internet

Panduan Setup

Fax server (Hylafax) lengkap dengan Avantfax di Ubuntu

Sebenarnya mengapa sih repot-repot membuat faxserver?

Selama ini kita mengenal mesin fax untuk mengirim dan menerima fax. Tergantung merek dan tipenya, harga mesin fax dapat mencapai jutaan rupiah.

Ada beberapa kendala bila menggunakan mesin fax konvensional:

  1. Mesin harus rutin di maintenance agar dapat dioperasikan dengan lancar (kertas tidak macet, hasil fax tetap jelas, dll).

  2. Dokumen harus di print dahulu bila ingin di fax, dan seringkali kiriman fax tersebut kurang bagus.

  3. Hasil fax harus difoto-kopi dahulu bila ingin disimpan lama, sebab hasil fax akan pudar bila terlalu lama disimpan.

  4. Perlu usaha khusus untuk mengarsip fax-fax yang dikirim dan masuk.

  5. Perlu personel khusus untuk mendistribusikan fax-fax yang masuk.

Oleh karenanya, kini banyak perusahan yang telah menerapkan solusi FaxServer, karena memberikan keunggulan-keunggulan berikut ini:

  1. Tidak perlu maintenance khusus, karena menggunakan sebuah PC sebagai servernya.

View original post 2,284 more words

Cron Job – Linux

nah kali ini akan sedikit bikin catetan ttg. Cron Job di Linux..

 

apa sih cron di linux itu ? sejenis apa ? tumbuh”an kah ? gorengan kah ? hewan melata kah ? ckckck

bukan ternyata bukan itu , dugaan pertama meleset semua , setelah diliat diraba dipikir” , jadi yg ane simpulkan cron itu adalah unix like scheduler dan merupakan singkatan dari chronograph atau seperti yang kata om wikipedia bilang merupakan akronim dari “Commands Run Over Night”

cron biasanya digunakan untuk mengatur jadwal task sehingga user dapat menjalankan perintah atau script pada waktu tertentu secara otomatis tanpa diperlukan user intervention , biasanya cron dipake untuk maintenance atau administrasi yang sifat nya berulang

Lalu , cron ini bisa buat ngapain aja ? nyetel mp3 kah ? muter film kah ? bukan ternyata bukan itu , ternyata nih beberapa fungsi cron :

  • Backup database , backup data atau backup system
  • Send e-mail secara automatic secara periodic
  • Reboot server / Halt system
  • Run / close program
  • etc.

nah , gimana cara biar kita tahu si cron ini udah terinstall secara default pada linux machine yang kita gunakan ?

cukup liat lewat

ps aux | grep cron

maka

root 3625 0.0 0.0 3480 1036 ? Ss 08:43 0:00 /usr/sbin/cron
louis 11502 0.0 0.0 3340 816 pts/1 S+ 10:06 0:00 grep cron

okay , gini nih cara pakai cron

kalau kita liat di direktori /etc , akan ada beberapa file cron , kalo ga percaya silahkan aja tengok menggunakan ls -la 

drwxr-xr-x 2 root root 4096 2009-10-10 09:19 cron.daily
drwxr-xr-x 2 root root 4096 2009-08-30 22:48 cron.hourly
drwxr-xr-x 2 root root 4096 2009-10-05 10:45 cron.monthly
-rw-r–r– 1 root root 724 2008-11-12 22:47 crontab
drwxr-xr-x 2 root root 4096 2009-08-30 22:48 cron.weekly

nah setelah dicoba , kalau kita meletakkan script dalam direktori cron.daily  atau cron.hourly , jadwal akan run berdasarkan direktori nya , nah terus kalau mau bikin jadwal sendiri diluar dari itu bagaimana dong ? engga bisa dong ? tentu saja bisa , langsung aja edit file crontab 

apaan lagi tuh crontab ? biskuit kah ? kentang goreng kah ? apa jangan” sejenis keripik singkong ? akibat salah fokus kali yah , dugaan pertama yang terlintas dipikiran selalu meleset jauh , hmm jadi crontab itu adalah cron table , sebuah file yang berisi jadwal yang berisi job yang mesti dilakukan pada waktu tertentu

 

nih begini isi crontab 

# /etc/crontab: system-wide crontab
# Unlike any other crontab you don’t have to run the `crontab’
# command to install the new version when you edit this file
# and files in /etc/cron.d. These files also have username fields,
# that none of the other crontabs do.

SHELL=/bin/sh
PATH=/usr/local/sbin:/usr/local/bin:/sbin:/bin:/usr/sbin:/usr/bin

# m h dom mon dow user command
17 * * * * root cd / && run-parts –report /etc/cron.hourly
25 6 * * * root test -x /usr/sbin/anacron || ( cd / && run-parts –report /etc/cron.daily )
47 6 * * 7 root test -x /usr/sbin/anacron || ( cd / && run-parts –report /etc/cron.weekly )
52 6 1 * * root test -x /usr/sbin/anacron || ( cd / && run-parts –report /etc/cron.monthly )
#

nah syntax nya sendiri seperti ini nih

 # ┌───────────── min (0 - 59)
 # │ ┌────────────── hour (0 - 23)
 # │ │ ┌─────────────── day of month (1 - 31)
 # │ │ │ ┌──────────────── month (1 - 12)
 # │ │ │ │ ┌───────────────── day of week (0 - 6) (0 to 6 are Sunday to Saturday, or use names; 7 is Sunday, the same as 0)
 # │ │ │ │ │
 # │ │ │ │ │
 # * * * * * command to execute

menit ( min ) perintah akan dijalankan pada menit keberapa, nilai : 0 dan 59
jam ( hour ) perintah akan dijalankan pada jam keberapa, nilai : 0-23 , 0 adalah tengah malam
hari dalam sebulan ( day of month ) perintah akan dijalankan pada hari keberapa dalam sebulan , misal mau jalankan perintah pada hari ke 13 setiap bulan , dia akan mempunyai nilai 13
bulan ( month ) perintah akan dijalankan pada bulan keberapa dalam setahun, nilai : 1-12 atau nama bulan dalam bhs inggris
hari dalam minggu ( day of week ) perintah akan dijalankan pada hari keberapa dalam seminggu, nilai : 0-6 atau nama hari dalam bhs inggris ((Minggu=0 or 7) ato sun,mon,tue,wed,thu,fri,sat )
cmd to execute adalah perintah yang akan kita dijalankan

 

nah begitu deh kira – kira 🙂

referensi :