SSH/SCP connection error: Lost connection – Double Take Availability for VMWare Infrastructure

Jadi kan skenario nya di tempat ane kerja sekarang ada 2 buah ESX yang saling replikasi menggunakan DTAVI , sebut aja ESX01 to ESX02

Nah karena kemarin ada insiden mati listrik tiba – tiba dan UPS juga keburu out of juice , ESX02 ikutan mati juga tiba – tiba dan ketika dinyalahkan kembali muncul error seperti ini saat booting

File_001

error log nya kira – kira seperti ini nih

File_000 (2)

udah coba beberapa cara kayak disini dan ini juga , but still no luck , ga tau juga apa mungkin ane aja yg masih meraba – raba juga untuk step yang diberikan

Akhirnya coba re-install ESX nya , tapi dengan pilihan Preserve VMFS saat instalasi supaya VM replikasi yg sebelumnya ga ilang , oh ya arah instalasi , nama ESX dan setting network jangan lupa untuk disamakan dengan yg sebelumnya

Setelah proses instalasi kelar , pastikan semua setting kayak host name , setting network udah sama kayak sebelumnya dan langsung cek datastore nya , untuk mastiin datanya masih ada yg sebelumnya , harus nya tetep ada kalo kita Preserve VMFS saat instalasi..

Pas udah konek , data masih ada , muncul lg satu masalah pas di DTAVI nya muncul error  kayak begini pas mau mulai replikasi ,

Cannot authenticate user root

Dugaan pertama yaitu , SSH client & server nya belom dinyalahin di ESX yang baru aja di re-install , this can be done lewat configuration > security profile > properties > ceklis SSH Client & SSH Server dan jangan lupa juga karena kondisinya make user root , ubah settingan di sshd_config agar root bisa login lewat SSH 

Ga selesai sampe disitu nongol lagi error begini pas jalanin replikasi

SSH/SCP connection error: Lost connection, response from server

Solusinya masuk ke ESX01 , lalu cd ke /root/.ssh/known_hosts , hapus atau disable known host yang udah ada sebelumnya , nih contoh entry nya kayak begini nih

esx5.support.local,xxx.xxx.xxx.xxx ssh-rsa AAAAB3NzaC1yc2EAAAABIwAAAIEAtbk3uEb6V6p5o06IyT1QU6Q6/G1bW49XyyP/lxgAmxsjNRYZTIaLzMyJshKIQSh5r0fnj36Msk5A7t0poOIHYr1ifTBye/86yfPPVZWiGdeY4rZA9H04oGCyaadObOW7h5lfYAsgqtH92gCHOcvnexLwmDGJKV9sBpYqP

Coba jalanin lagi replikasi nya and voila !

Bisa ditarik kesimpulan sotoy bahwa :

  1. SSH Client & Server harus dalam posisi enable & running pada kedua ESX yang saling replikasi
  2. Pastikan user yang kita pake di-allow untuk login lewat SSH
  3. Hapus / disable ID RSA ( security key ) ESX target pada source ESX , biar nanti bisa create ulang , karena key yang sebelumnya sudah obsolete ( kondisi ini terjadi karena kita re-install ESX target backupnya sehingga ESX source ga ngenalin key nya , padahal host & target IP nya sama persis )

 

Sekian..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s